Kegiatan migrasi sudah tidak asing lagi, baik itu migrasi hewan seperti halnya burung yang berpindah dari tempat di musim dingin ke tempat lain yang suhunya lebih hangat atau panas. Atau seperti ikan salmon yang mencari tempat baru untuk berkembang biak demi kelangsungan hidupnya sampai dengan keturunan berikutnya.

Manusia juga sering kali bermigrasi entah itu karena pekerjaannya, mengikuti keluarga, atau memang lingkungan yang lama sudah tidak kondusif. Sehingga terjadilah migrasi atau yang sering kita sebut dengan perpindahan.

Migrasi itu juga tidak semata – mata hanya ada di dunia yang kita hadapi ini, migrasi juga terjadi pada sistim yang kita jalankan setiap harinya seperti menyalin data, photo, video, game atau sebagainya. Bahkan semua itu sering kita lakukan tanpa sadar.

Perpindahan itu sendiri dilakukan oleh mereka baik itu secara sadar atas keinginan sendiri atau kelompok (keluarga), tapi ada juga yang memilih untuk pergi karena paksaan dari faktor kondisi alam yang mengancam, kurnag layak, atau serba kurang adanya disana maupun dari keberadaan orang lain yang mengancam karena perbuatannya membahayakan.

Banyak orang memilih untuk pergi dan merantau meninggalkan keluarganya agar bisa belajar jadi orang yang lebih baik karena merasa beban tanggungan yang dipikulnya sehingga dia merasa harus bisa lebih dari yang sudah ada. Walaupun kenyataannya tidak semua berhasil menjadi sesuai harapan, setidaknya mereka yang mau dan pernah berusaha.

Memang pada awal kepindahan terasa berat karena harus dari berkemas terlebih dahulu kemudian membersihkan yang tersisa di tempat awal lalu membawa barang yang banyak dan bisa jadi jarak yang harus dilalui itu tergolong jauh, baik itu antar kota / kabupaten, antar provinsi, bahkan antar pulau. Walau kebanyakan mereka memilih untuk membeli yang baru untuk di tempat yang baru sehingga tidak perlu repot dengan membawa banyak “beban” di perjalanan.

Hidup itu perpindahan, semua makhluk pasti akan berpindah baik itu sementara atau untuk selamanya. Nikmati saja rasa lelahnya karena setelah itu akan ada hal dan rasa yang baru seperti tempat baru, lingkungan baru, orang baru, dan juga yang pasti pengalaman baru.

“Rasanya beda!”, “Enakan yang lama!”, “Aku gak akan tahan disini”, “Orang – orangnya gak kenal”. Sudah pasti karena semua itu tidak akan pernah sama rasanya. Tinggal dinikmati proses yang berjalan disana sampai pada waktunya kita tidak akan lagi berada disana dan harus pindah lagi ke tempat baru atau ke tempat terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *